Pengikut

Nuffnang

Khamis, 26 Januari 2017

www.telokkemang.blogspot.com/

0 ulasan
sumber :-

www.telokkemang.blogspot.com/


Kendaraan Bermotor Indonesia

Posted: 26 Jan 2017 02:43 AM PST

Rental Mobil Ketapang Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyebutkan, setidaknya ada tiga tantangan yang akan dihadapi industri otomotif nasional pada tahun ini.
Sekretaris Umum Gaikindo, Kuku Kumara mengatakan, tantangan pertama yakni memproduksi mobil yang mengedepankan isu energi dan lingkungan.
"Beberapa negara tujuan ekspor otomotif Indonesia, seperti Timur Tengah, sudah mulai menerapkan pajak emisi karbon. Indonesia masih menerapkan standar Euro2, itu pun tidak penuh," kata Kuku di Jakarta.
Tantangan kedua yakni memproduksi mobil dengan standar keamanan yang lebih ketat. Dia mencontohkan, Indonesia sampai saat ini hanya mewajibkan penggunaan sabuk pengaman di kursi depan saja.
"Perkembangan lebih maju, airbag juga jadi teknologi keamanan yang saat ini makin meningkat. Ini yang harus dikejar industri otomotif Indonesia ke depan," ujar dia.
Terakhir adalah isu perdagangan bebas. Saat ini, kompetisi kendaraan semakin meningkat. Karena, banyaknya pilihan jenis kendaraan, lantaran tarif impor yang rendah.
"Masuknya CBU (completely built up)berkompetisi dengan produk dalam negeri. Makin banyak pilihan, impor biaya masuk relatif murah, bahkan relatif nol. Inilah persaingan yang ada," katanya.
Meski demikian, ia optimistis penjualan mobil tahun ini akan naik. "Kami optimis bisa tumbuh lebih dari enam persen. Kalau dilihat, pertumbuhan penjualan naik sekitar 4,5 persen dibanding sebelumnya."
Honda dijadwalkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle(SUV) kompak terbaru, WR-V, yang akan berhadapan dengan sejumlah kompetitor. Sebut saja Ford Ecosport, Hyundai i20, serta Suzuki Vitara Brezza. Peluncuran akan dilakukan beberapa bulan ke depan di India.
Dilansir Autocar, Kamis, 26 Januari 2017, mobil yang sudah mengaspal perdana di Brasil ini diharapkan akan menjadi napas baru Honda untuk mendulang penjualan di segmen SUV kompak. Setidaknya ada lima fakta seputar Honda WR-V yang patut diketahui publik. Apa saja? Berikut ulasannya:
1. Dibangun dari Jazz
Honda WR-V merupakan kendaraan SUV kompak yang dibangun dari platform hatchback Jazz. Dengan begitu, akan ada beberapa kesamaan WR-V dengan Honda Jazz, meski tubuhnya agak jangkung.
2. Wajahnya tak begitu mirip
Meski dibangun dari model Jazz, wujud WR-V tak begitu mirip dengan Jazz. Sebagai contoh, pada bagian wajah depan, lampunya terlihat berbeda, lebih agresif, serta bumper berotot. Sementara itu, fender dan pintu sama dengan Jazz, tetapi dengan penambahan fitur cladding. WR-V juga berbeda dengan Jazz dari sisi tailgate dan bumper.
3. Berbagi mesin dengan Jazz
WR-V akan mendapatkan mesin dan gearbox yang sama dengan Honda Jazz. Mesin yang dibenamkan yakni bensin 1,2 liter i-VTEC yang dikawinkan dengan transmisi manual lima-percepatan, serta 1.5 liter Earth Dream diesel i-DTEC yang dikawinkan dengan transmisi manual enam-percepatan.
4. Berbagi interior dengan Jazz
Desain kabin dan ruang yang ditawarkan bakal serupa dengan hatchback Jazz. Langkah ini ditempuh Honda agar menjaga biaya WR-V tak melambung tinggi dan dapat disesuaikan dengan pasar yang dibidiknya.
5. Meluncur Maret 2017
Di Brasil, WR-V telah meluncur pada awal November 2016, di ajang Sao Paolo Motor Show. Sementara itu, di India, WR-V akan datang pada Maret 2017. Mobil ini akan diposisikan di atas Jazz, dan akan bersaing dengan sejumlah kompetitor sekelas. Akankah masuk Indonesia? Kita tunggu kabar selanjutnya.
Rencana Kementerian Perindustrian untuk menghadirkan mobil pedesaan yang dikhususkan memfasilitasi masyarakat menengah ke bawah, hingga kini terus dikembangkan. Jadwal peluncurannya tak lama lagi akan dilakukan.
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sampai saat ini proses pengembangannya masih dalam tahap pembuatan purwarupa. 
"Untuk model pedesaan, purwarupanya sudah jalan 100 ribu kilometer. Tapi, ada pengembangan desain lagi," kata Arilangga beberapa waktu lalu.
Terkait hal tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mengatakan, mereka tak terlibat dalam proyek mobil pedesaan tersebut.
Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengungkapkan, proyek mobil pedesaan bukan jenis kendaraan yang diproduksi secara massal.
"Ini semacam kebijakan tersendiri, dan ini hanya upaya untuk penuhi kebutuhan angkutan di desa atau di daerah-daerah. Jadi, ini bukan produksi massal," kata Kukuh di Jakarta.
Dia mengaku belum bisa menilai, apakah mobil yang dikembangkan Kemenperin itu akan memengaruhi industri pabrikan yang memproduksi mobil komersial. Alasannya, proyek mobil pedesaan juga sampai saat ini masih belum jelas.
Tak dipungkiri jika knalpot after market menjadi salah satu buruan utama bagi para pecinta sport car. Nah, dalam kesempatan ini,VIVA.co.id akan mengulas beberapa knalpot yang paling banyak diburu, khususnya buatan Eropa.
Ya, merek ternama seperti Akrapovic, Armytrix dan Eisenmann kerap diburu karena ketiga merek itu sudah dipercaya para pengguna mobil sport, tak terkecuali di Indonesia. Lantas, melihat mobilnya yang memiliki harga miliaran, kira-kira berapa harga knalpotnya?
Dicky, pemilik sebuah toko knalpot di Solo, Jawa Tengah, harga untuk knalpot buatan eropa dan sudah ternama berkisar mulai dari Rp40 juta sampai Rp120 juta.
"Harga sesuai jenis mobil, kalau Akrapovic untuk BMW full sistem Rp50 jutaan, pun dengan Volkswagen GTI dan itu sudah termasuk ongkos pemasangan," ujar Dicky kepada VIVA.co.id saat dihubungi, Rabu, 25 Januari 2017.
Dicky mengatakan, dibengkelnya ini memang rata-rata hanya menyediakan knalpot untuk sport car Eropa. "Kalau Jepang kita juga menyediakan, tapi order dulu," katanya.
Mercedes-Benz rupanya tengah menyiapkan kejutan untuk para pecinta mobil premium tanah air. Guna mendongkrak penjualan mereka di 2017, Mercedes-Benz Indonesia mengaku telah menyiapkan tiga kejutan untuk konsumen tanah air.
Hal itu diungkapkan Business & Network Development Sales Operation Mercedes-Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto. "Jadi, E 250 Avantgarde Line, dan E 300 AMG Line itu kan versi rakitan lokal baru meluncur. Nanti rencananya akan ada tiga lagi," katanya.
Untuk tiga produknya itu, Kariyanto menjelaskan hanya berupa model penyegaran saja atau facelift, bukan produk baru.
"Bukan baru. Kadang minor change, kadang ada penambahan pelek atau yang lain. Bukan tiba-tiba ada model baru," katanya.
PT Suzuki Indomobil Sales bekerja sama dengan jaringan diler resminya, Megah Putra Sejahtera Makassar, di Sulawesi Selatan, memberikan program servis gratis dan diskon suku cadang bagi pengguna SX4.
Servis gratis yang dimaksud meliputi ganti oli dan 23 pemeriksaan. Selain itu, ada juga diskon sebesar 25 persen untuk suku cadang dan 10 persen untuk jasa servis berikutnya, jika ada rekomendasi onderdil yang harus diganti.
Riecky Patrayudha selaku Service Head SIS mengatakan, acara kampanye servis ini merupakan bentuk pelayanan purna jual bagi para pemilik SX4 yang telah setia memakai kendaraan mereka.
"Kami sangat menghargai partisipasi para pelanggan pada acara ini. Terbukti, acara yang kami selenggarakan ini melebihi target," ujarnya dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu 25 Januari 2017.
Kata dia, SIS akan terus bekerja sama dengan diler-diler yang ada di Indonesia, untuk menggelar program serupa dengan berbagai jenis tipe mobil Suzuki.
Sebagai informasi, saat acara berlangsung, terkumpul 94 pengguna SX4. Selain mengecek kendaraan mereka, konsumen yang datang juga diberi kesempatan mencoba mobil terbaru Suzuki dan melakukan tukar tambah. 

All New BR-V

Posted: 25 Jan 2017 03:16 PM PST


Rental Mobil Ketapang All New BR-V menjadi model yang digilai di Malaysia. Bayangkan saja hanya dalam waktu 3 minggu setelah diperkenalkan, tercatat 4.000 unit Honda BR-V telah terpesan.


Dikutip situs resmi Honda Malaysia, Selasa (24/1/2017), angka pemesanan ini cukup bikin heboh, karena awalnya Honda hanya menargetkan penjualan Honda All New BR-V 800 unit setiap bulannya.



Nah, konsumen yang telah melakukan pemesanan dikatakan harus bersabar sebentar. Karena setiap konsumen All New BR-V baru mendapatkannya, dalam 1-2 bulan setelah pemesanan. Untuk model yang paling laris, dikatakan All New BR-V varian V paling laris mencapai 83 persen pemesanan. Sedangkan untuk pemesanan All New BR-V varian E mencapai 17 persen.



Honda All New BR-V menjadi model yang disukai tidak lepas dari desain yang ditawarkan pabrikan asal Jepang tersebut. Karena BR-V di Malaysia diposisikan bersaing di segmen urban dan sub urban. Serta menawarkan kelebihan lainnya, seperti soal harga terbaik yang ditawarkan dengan fitur yang dibawanya.



Selain itu All-New BR-V dikatakan menjadi model pertama Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. (HRAP), yang menawarkan 7 penumpang. Selain itu menjadi model crossover yang mampu melahap segala medan, menjadi kendaraan yang pas untuk dikendarai bersama keluarga.



Managing Director and Chief Executive Officer of Honda Malaysia, Katsuto Hayashi mengatakan Honda sangat mengapresiasi akan membludaknya pemesanan All New BR-V ini, karena melebihi dari harapan Honda. Bahkan Honda memiliki program untuk bisa mengirimkan All New BR-V sesuai dengan tanggal kelahiran konsumen masing-masing.


Honda: Civic Type R Hanya Ada Transmisi Manual


Banyak orang yang menilai mobil bertransmisi otomatis kurang bertaji dalam mengendalikan mobil. Itulah sepertinya salah satu alasan Honda yang tetap memasang transmisi manual di hot hatch anyar Civic Type R.

Sebelumnya beredar kabar kalau Civic Type R bakal memiliki opsi transmisi CVT untuk menarik konsumen baru yang kesengsem dengan mobil pesaing Civic Type R seperti VW Golf R.

Kabar itu ternyata hanya rumor semata, dari laporan Car and Driver, dua juru bicara Honda mengelak hal itu dan menambahkan Civic Type R terbaru hanya ditawarkan dalam versi manualnya.

Itu merupakan ide bagus untuk tetap melestarikan 'transmisi manual' yang dikatakan bisa membuat mobil memiliki performa lebih baik.

All New Honda Civic Type R Prototype rencananya akan mulai diproduksi massal pada pertengahan tahun 2017 di Eropa. All New Honda Civic Type R Prototype tampil dengan desain bodi yang lebih agresif, dimana menggunakan bahan karbon fiber dan paduan warna merah yang terkesan sporty mulai dari bumper, diffuser hingga rear wing-nya. 

Desain lampu depannya menggunakan LED Headlight yang diberi kesan smoked berwarna hitam. Untuk alloy wheel-nya menggunakan pilihan 20 inchi dengan aksen paduan warna piano black dan merah. Sementara bannya menggunakan ukuran 245 untuk menghasilkan performa yang tinggi.

Pameran modifikasi Tokyo Auto Salon menjadi tempat bagi Honda untuk memperkenalkan salah satu mobil performa All New Honda Civic Type-R Prototype. All New Honda Civic Type R Prototype rencananya akan mulai diproduksi massal pada pertengahan tahun 2017 di Eropa.

"All New Honda Civic Type R merupakan penggambaran highest level performance engineering daripada Honda Racing DNA itu sendiri. Sejak saat ini, kami akan memulai babak baru dari pengembangan sebuah "Race Car for The Road" hingga nanti diluncurkan dan dijual ke publik pada pertengahan tahun 2017 mendatang," ujar Senior Vice President Honda Motor Europe Philip Ross dalam siaran pers, Senin (16/1/2017). 

All New Honda Civic Type R Prototype tampil dengan desain bodi yang lebih agresif, dimana menggunakan bahan karbon fiber dan paduan warna merah yang terkesan sporty mulai dari bumper, diffuser hingga rear wing-nya. 

Desain lampu depannya menggunakan LED Headlight yang diberi kesan smoked berwarna hitam. Untuk alloy wheel-nya menggunakan pilihan 20 inchi dengan aksen paduan warna piano black dan merah. Sementara bannya menggunakan ukuran 245 untuk menghasilkan performa yang tinggi.

Untuk display mobil, Honda menampilkan line up All New Honda Freed Modulo X, All New Honda Freed Active, All New Honda Freed Mugen Concept, All New Honda Stepwagon Modulo X, Honda S660 Bruno leather Edition dan All New Honda Civic Hatchback.

Special display dari Honda Racing di booth Honda menampilkan mobil balap F1 McLaren Honda MP4-31 yang digunakan pada tahun 2016 serta Honda NSX GT yang digunakan di ajang balap Super GT.

Tujuan Honda berpartisipasi pada ajang Tokyo Auto Salon sebagai bentuk kesenangan yang dituangkan oleh Honda dalam dunia otomotif, dan juga menunjukkan daya tarik serta hasratnya terhadap dunia olahraga balap, baik roda empat maupun roda dua.

Tokyo Auto Salon diselenggarakan atas kerjasama antara Tokyo Auto Salon Association (TASA) dan Nippon Auto Parts Aftermarket Committee (NAPAC). Ajang Tokyo Auto Salon diadakan setiap dua tahun sekali, dan pada tahun 2017 ini ajang Tokyo Auto Salon memasuki tahun yang ke-35. Tokyo Auto Salon sendiri merupakan ajang pameran terbesar di Jepang yang bertemakan modifikasi mobil.

Tokyo Auto Salon 2017 yang berlangsung tanggal 13 Januari hingga 15 Januari 2017, di Makuhari Messe, kota Chiba, Jepang. Selain itu, Honda juga menampilkan special display dari Honda Racing dan juga sepeda motor.

Honda Accura NSX, mobil Sport dari Honda nampaknya masih belum dapat sapa Indonesia untuk saat ini.

Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing & Aftersales Service Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, saat acara Honda New Year Media Gathering 2017 & Peluncuran produk terbaru Honda, di Jakarta.

"Kami belum bisa janji apa-apa. Tunggu saja kejutannya," ucapnya.

Meski belum bisa menjanjikan apapun mengenai NSX, Jonfis mengakui saat ini ada beberapa faktor yang memungkinkan kehadiran Honda Accura NSX tersebut.

"Kami tahu dengan ekonomi meningkat, akan tambah pendapatan, dan demand tinggi, permintaan mobil sport banyak," tambahnya.

Honda Acura NSX mengusung mesin 3.500 cc twin turbo V6, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 573 Tk, serta mampu tembus hingga 305 km/jam.

Setelah beberapa kali memberikan bocoran, akhirnya Honda meluncurkan City teranyar. Di Thailand, pabrikan asal Jepang itu melahirkan City versi facelift.

Honda City versi facelift yang diluncurkan berbarengan dengan Mobilio di Indonesia pada 12 Januari lalu itu mengusung desain baru. Di bagian depan, mobil ini memiliki lampu depan berbentuk baru dengan LED daytime running lights sebagai paket standar dan lampu utama LED sebagai paket pilihan.

Lampu depannya terhubung dengan bar krom, dan kisi-kisi radiatornya berbentuk baru. Ada juga air intake di bawah serta lampu kabut LED sebagai opsi.

Di bagian samping, terdapat pelek alloy 16 inci dua nada. Sedangkan bagian belakang, Honda City terbaru mendapatkan desain bumper yang lebih agresif.

Perubahan pada bagian kabin sangat terbatas. Interior Honda City memiliki desain jok baru serta trim gunmetal dan pencahayaan LED.

Fiturnya, Honda City dilengkapi dengan keyless entry, push button start, sistem hiburan Display Audio dengan layar sentuh 7 inci, kamera parkir multi-angle serta tombol kontrol audio di roda kemudi. Sedangkan fitur keselamatannya ada 6 airbag, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Mesinnya masih sama. Honda City yang diluncurkan di Thailand ini menggunakan mesin VTEC empat silinder 1.5 liter bertenaga 117 daya kuda dengan torsi 146 Nm. Mesin itu dihubungkan dengan transmisi CVT maupun manual 5 percepatan.

Total ada 6 pilihan warna yang ditawarkan pada Honda City anyar. Harganya mulai 550.000 baht hingga 751.000 baht (Rp 206 jutaan sampai Rp 282 jutaan)

Di pameran Detroit Auto Show, Michigan, Amerika Serikat (AS) Honda baru saja merilis MPV terbarunya Odyssey. All New Honda Odyssey hadir dengan tampilan baru, mesin, transmisi serta berbagai teknologi baru.

Meski begitu, PT Honda Prospect Motors (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia tak berniat mendatangkan MPV anyar tersebut dengan alasan berbeda spesifikasi antara AS dan Indonesia.

"Itu pasar Amerika kita beda, nggak (masuk kesini)," ungkap Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di Jakarta.

All New Honda Odyssey tampil dengan mesin Honda i-VTEC 3.5 liter V6 dengan transmisi 10 percepatan yang merupakan pertama di kelas Minivan.

All New Honda Odyssey menampilkan fitur baru berupa New Magic Slide™ Seats pada bangku baris keduanya, berupa Easy Access Mode, Super Mode, Wide Mode serta Buddy Mode.

Fitur baru lainnya yang terdapat pada All New Honda Odyssey adalah New Display Audio yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay™ dan Android Auto™, dapat terkoneksi dengan 4G LTE serta Wi-Fi. Kemudian fitur baru lainnya adalah Cabin Watch, Cabin Talk, Cabin ControlConnected Rear Entertainment System serta Social Play List

PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menghentikan produksi Freed sejak tahun lalu. HPM pun tidak berencana untuk memboyong Freed versi terbaru seperti yang ada di Jepang.

Menurut Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy konsumen Freed sudah beralih ke model HR-V dan BR-V.

"Freed kan sudah tidak kita lanjutkan dari tahun lalu. Segmen ini sudah kita pikir dikuasai 5-seaternya ada HR-V, 7-seaternya ada mobil RS ada BR-V itu segmennya udah lain," kata Jonfis.

Ia menambahkan jika pihaknya tetap menjual Freed di Indonesia berimbas pada pangsa pasar Honda yang turun.

"Kalau market tumbuh 4,8 persen kita pertahankan Freed atau market share kita pasti turun," sambung Jonfis.

Dengan begitu rival utama Freed, Toyota Sienta sepertinya bakal sendirian di pasaran. 

Penjualan mobil Honda di Jawa Timur selama tahun 2016 mencapai 29.945 unit. Mobil Honda Brio Satya menjadi pilihan utama konsumen mobil honda di Jawa Timur.

"Penjualan terbesar untuk penjualan di Honda Surabaya Center pada tahun 2016 adalah New Honda Brio Satya," ujar Marketing and After Sales Service Director Wendy Miharja kepada wartawan di sela-sela launching New Honda Mobilio di Ciputra World Surabaya, Jumat (13/1/2017).

Ia menerangkan, pertumbuhan penjualan selama tahun 2016 di Surabaya Honda Center (HSC) mencapai 110,40 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Pangsa pasar Honda di Jawa Timur tahun 2016 mencapai 18,09 persen, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu 16,79 persen," terangnya sambil menambahkan, di segmen mobil penumpang, HSC meraih pangsa pasar 22,89 persen.

Total penjualan mobil di HSC sebanyak 29.945 unit, New Honda Brio Satya mencatatkan penjualan tertinggi sebanyak 6.803 unit.

Kemudian disusul Mobilio sebanyak 6.463 unit. Honda HRV 1.5 L sebanyak 4.983 unit. Honda BR-V sebesar 4.641 unit. Jazz sebanyak 2.941 unit. Honda HRV 1.8L sebanyak 1.293 unit. Brio RS sebesar 1.064 unit serta New Honda CR-V sebanyak 942 unit.

Sedangkan di segmen sedan, All New Honda Civic mencatatkan penjualan 166 unit. All New Honda City 82 unit. CR-Z 24 unit. New Honda Accord 22 unit. Honda Freed 81 unit serta All New Honda Odyssey 39 unit.

"Tahun 2016 Brio dan BR-V pendukung utama Honda untuk menjadi market leader di pasar SUV dan City Car," katanya.

"Peluncuran Civic Turbo di tahun lalu ikut memberikan penyegaran di pasar sedan," tandasnya.

Target penjualan mobil Honda tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2016 yakni, 30.500 unit. Wendy mengaku optimis dapat mencapai target tersebut.

"Kami optimistis pertumbuhan pasar otomotif tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu," jelasnya sambil menambahkan, optimisme tersebut didukung dengan berbagai produk inovatif dan layanan baru yang akan diluncurkan, serta pengembangan jaringan diler dari 23 diler menjadi 25 diler.

Di awal tahun ini, setelah di Jakarta, HSC meluncurkan Honda New Mobilio di mall Ciputra World Surabaya. Mobil berpenumpang 7 kursi ini mengalami berbagai perubahan pada interior maupun eksterior.

New Honda Mobilio ini dilengkapi fitur keselamatan diantaranya Dual front SRS airbags, pretensioner with load limiter seatbelt, 3 point seatbelt pada bangku baris kedua.

Dengan desain yang semakin sporty dan modern, kabin luas membuat semakin nyaman, performa yang prima sekaligus hemat BBM (bahan bakar) serta didukung fitur keselamatan yang lengkap, akan memberikan pengalaman berkendara yang sensasional bagi konsumen," tambah Ang Hoey Tiong, Presdir HSC. 

Di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), mobil Honda memiliki pangsa pasar 12 persen. Dengan kehadiran Mobilio terbaru, Honda berharap bisa meningkatkan 'kuenya'.

Total penjualan mobil Honda di segmen ini mencapai 40.338 unit di segmen MPV, dengan market share 12 persen. Kontributor terbesar untuk penjualan Honda di Indonesia pada tahun 2016 datang dari New Honda Mobilio yang mencatat penjualan total sebesar 39.482 unit. 

"Kami melihat bahwa peluang 12 persen masih bisa ditingkatkan tahun ini," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Jakarta.

Lanjut Jonfis mengatakan, walaupun HPM melihat adanya peluang di segmen MPV yang akan bertumbuh di 2017, namun hal itu tidak akan mudah.

"Karena segmen ini segmen first customer, ini bukan segmen yang mudah, segmen yang perlu jaringan luas, perlu penetrasi bukan di end customer," ucapnya.

Walaupun segmen MPV dirasa sulit, Jonfis mengatakan HPM tetap punya peluang. "Kalau Jazz, CR-V, itu end customer gampang, mereka hanya membandingkan, mereka membaca media, ulasan, mereka bisa memutuskan. Tapi kalau segmen MPV ini lebih luas, government, fleet, kita harus bisa penetrasi kesana, dan kita liat peluangnya," pungkas Jonfis.

Agar masyarakat lebih mudah membeli mobil Honda, Honda pun akan memperluas jaringannya. "Kami juga berencana menambah sampai 205 diler yang ada di Indonesia tahun ini. Jadi pertambahannya cukup besar ya, jadi akan kita cover dari Aceh sampai Papua, tahun ini mulai beroperasi," ujarnya.

Selain itu, Jonfis juga mengatakan bahwa, konsumen Honda tidak perlu khawatir, karena dengan penambahan diler tersebut tentunya disokong juga dengan pelayanan.

"Tentunya dukungan ini kita bisa lihat bahwa 3S yang kami bangun untuk mendukung selain penjualan, juga after salesnya. Jadi konsumen tidak perlu khawatir, setelah mereka membeli mobilnya, mereka mendapatkan tempat pelayanan purna jual yang cukup besar," tambahnya.

Dari rencana penambahan diler Honda tersebut diantaranya adalah diler Honda IKM Ciledug yang akan beroperasi di Februari 2017, diler Honda Pradana Sawangan, Honda Royal Wiyung, serta Honda Bintang Cimone, yang masing-masing akan beroperasi di Maret 2017.

Aturan soal kenaikan tarif pengurusan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) sudah mulai berlaku sejak 6 Januari kemarin. Kenaikan tersebut juga berpengaruh terhadap harga mobil Honda yang mengalami kenaikan sekitar 1-2 persen. 


"Dibilang pengaruh kan nggak langsung ya, kita produsen mencoba juga supaya jualannya nggak naik gitu. Jadi tanggal 6 Januari kemarin kita naik selain Mobilio ya, karena Mobilio kan ada perubahan baru jadi naik 1-2 persen tergantung model," ungkap Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di Jakarta.

Meski begitu Honda mengklaim berkat mobil-mobil yang menarik, selama tahun 2016, Honda mencetak rekor di Indonesia. Selain itu pangsa pasar Honda di Indonesia juga meningkat menjadi 19 persen. Presiden Direktur Honda Prospect Motor Tomoki Uchida menuturkan penjualan HPM di 2016 yang mencapai 199.364 unit. Pencapaian tersebut dikatakan Uchida tidak lepas dari adanya produk-produk baru yang diluncurkan.


Sebelumnya kenaikan tarif BPKB dan STNK serta lainnya ini membuat produsen motor meminta peninjauan kembali. Karena meski harganya mengalami kenaikan dalam hitungan ratusan ribu, konsumen motor pasti akan terkena imbasnya, tidak seperti konsumen pembeli mobil yang akan memaklumi kenaikan harga meski tetap ngedumel juga. 



Kenaikan tarif STNK-BPKB sudah membuat produsen motor menaikkan harga.Yamaha misalnya sudah menaikkan harga motor dengan kisaran rata-rata Rp 250.000. Selain Yamaha, Suzuki sudah berniat menaikkan harga motor.

Suzuki bakalan menjual MPV anyarnya Ertiga dalam versi diesel di Indonesia tidak lama lagi. Meski begitu niatan tersebut tidak diikuti pesaingnya, Honda lewat Mobilio yang baru saja diluncurkan kemarin.


Honda tidak berniat membekali MPV-nya dengan mesin diesel karena harganya yang lebih mahal.



"Pilihan konsumen akan jadi banyak dengan adanya diesel pilihannya jadi banyak. Diesel memang satu sisi punya keuntungan tapi diesel kan harganya lebih mahal, mahalnya lebih Rp 20 jutaan. Kalau Rp 20 juta itu bagi bensin selama tiga tahun ya mahal hitungannya kan," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy di Jakarta.



Tak hanya Honda, pesaing lainnya yang memiliki pangsa pasar MPV cukup besar di Indonesia, Toyota Avanza juga tidak berniat ke arah sana.



Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) F. Soerjopranoto menegaskan, pihaknya melihat segmen low MPV tidak mengarah ke mesin diesel. Jadi saat ini Avanza hanya ditawarkan dengan mesin bensin.



Sementara itu, Ertiga bermesin diesel berteknologi hybrid ringan (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki/SHVS) diklaim membuat mobil menjadi lebih irit BBM.

PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan New Honda Mobilio. Mobil Low MPV itu ditargetkan Honda bisa terjual sebanyak 47.500 unit.  


"Kontribusi Mobilio sendiri kan tahun lalu kan kita jual 40.900an (unit), tahun ini kan kita akan jual 47.500, jadi akan ada kenaikan diatas 10 persen, mungkin 12 persen," ujar Direktur Pemasaran & Purna jual HPM, Jonfis fandy, di Jakarta.



Dalam siaran pers Honda disebutkan kontributor terbesar untuk penjualan Honda di Indonesia pada tahun 2016 datang dari New Honda Mobilio yang mencatat penjualan total sebesar 39.482 unit. Selanjutnya, Honda BR-V membukukan penjualan total tahunan sebesar 38.666 unit, New Honda Brio Satya dengan total 36.470 unit, Honda HR-V 1.5L sebesar 36.281 unit, Honda Jazz sebesar 18.110 unit, Honda Brio RS sebesar 10.026 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 8.050 unit dan New Honda CR-V sebesar 7.853 unit. 

Berdasarkan data yang dimiliki Honda, sepanjang 2014 hingga 2016 lebih dari 161 ribu unit Mobilio terjual. Jonfis memprediksi kontribusi segmen Low MPV untuk pasar roda empat Indonesia di tahun ini diperkirakan akan meningkat 10 persen.


"Komposisinya tidak akan berubah banyak. Jadi trennya masih tetep SUV (Sport Utility Vehicle) dan LCGC (Low Cost Green Car) akan growth lebih besar dibanding dengan Low MPV. Tapi tahun lalu kan pertumbuhannya 6 persen ya, tahun ini kami perkirakan mungkin akan naik 10 persen karena ada produk-produk baru," tutur Jonfis.



Sedangkan untuk total market, kontribusi Low MPV di tahun ini menurut Jonfis berkisar 35 persen. "Saya rasa mungkin antara 35 persen lah plus-minusnya. Memang sudah turun, dulu 40-45 persen, sekarang udah turun ke 35 persern," tambahnya.

Honda mencuri start terlebih dahulu dengan meluncurkan New Mobilio. Setelah Mobilio ada lagi yang akan segera menyapa Indonesia.


"Ada cuma belum bisa disampaikan saat ini ditunggu saja lah. Kurang tau ya (jumlahnya), mohon maaf belum bisa disampaikan," beber Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di Jakarta.



Jika melihat-lihat mobil Honda yang telah meluncur di negara lain kemungkinan Honda bakal memboyong City, CR-V, dan Civic Hatchback Turbo.

"Ditunggu saja. Hatchback Turbo akan diluncurkan tapi waktunya belum ditentukan Soalnya belum final jadi takut salah. CR-V ditunggu lah masih jauh, iya tahun ini," tambah Jonfis.


Meski begitu Jonfis mengatakan pasar sedan terus menunjukan tren negatif. Namun kehadiran Civic turbo membantu penjualan Honda di segmen sedan.

"Pasar sedan tiap tahun turun, secara volume dia turun. Tahun ini turun mulai berubah, Civic naik karena ada turbo," tutur Jonfis.


Di Thailand, berbarengan dengan peluncuran Mobilio, Honda merilis sedan City model terbaru. Mobil mengalami perubahan di bagian depan dan belakang, interior yang didesain ulang dengan penggunaan warna konsol metalik.

Tak hanya meluncurkan Mobilio versi baru, Honda juga menawarkan Mobilio dengan aksesoris Modulo. Honda mengklaim dengan penambahan aksesoris Modulo, Mobilio tampil lebih elegan.


"Paket modifikasi kita sediakan untuk konsumen yang ingin tampil beda," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy di Jakarta.

Honda menawarkan diskon 20 persen untuk pembelian aksesoris Modulo per item bagi konsumen yang telah melakukan pemesanan New Honda Mobilio dan melakukan login di halaman 'My Booking Status' yang terdapat di website www.honda-indonesia.com sampai dengan 30 April 2017.

Aksesoris yang mendapat diskon antara lain Door Visor dari Rp 694.000 menjadi Rp 556.000, Door Handle Cover Rp 875.000 menjadi Rp 700.000, Door Mirror Garnish dari Rp 407.000 jadi Rp 326.000, Door Lower Garnish dari Rp 843.000 menjado Rp 675.000, Fog Lamp Garnish dari Rp 338.000 menjadi Rp 271.000, dan Exhaust Pipe Finisher dari Rp 134.000 menjadi Rp 108.000. Harga tersebut di luar harga pemasangan dan PPN.

Namun Honda belum berencana menambahkan aksesoris Mugen di Mobilio terbaru ini.

Pimpinan

Angkatan Muda

Cabang